MASALAH

Setiap manusia, selama masih hidup, pasti mengalami masalah (entah dalam keluarga, sekolah, pekerjaan, bisnis dan hal-hal lainnya). Bahkan Tuhan Yesus pun selama di bumi mengalami banyak masalah; tahukah Anda bahwa satu-satunya saat di mana kita tidak lagi mengalami masalah adalah ketika kita sudah meninggal? Saat ini kita akan membahas mengenai apa yang Firman Tuhan katakan tentang masalah.

Ada 4 prinsip utama tentang masalah, yaitu:

1) Masalah tidak boleh mengendalikan kita

Mat 14:30-31,”Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”. Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?”

Mengapa Tuhan Yesus menyebut Petrus sebagai orang yang kurang percaya? Salah satu alasannya adalah karena Petrus dikendalikan oleh masalah; andai Petrus tidak mengijinkan masalah mengendalikan dia, pasti dia akan sampai kepada Yesus saat itu

Jangan ijinkan masalah mengendalikan kita, karena itu akan menggoyahkan iman kita; percayalah, Tuhan Yesus lebih besar dari masalah apapun yang kita hadapi saat ini.

2) Masalah harus diselesaikan

Mat 5:23-25,”Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.”

Tuhan Yesus sedang memberitahukan kita bahwa masalah harus diselesaikan melalui apa yang Dia katakan dalam ayat tersebut di atas; masalah harus dihadapi dan diselesaikan dan bukan untuk dihindari. Ketika kita menyelesaikan masalah dalam kekuatan dan kuasaNya, kita akan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita dan itulah sebabnya Rasul Paulus berkata dalam Fil 4:13,”Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

3) Masalah bukanlah tanda Tuhan tidak membuat mujizat

II Kor 12:9a,”Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.”

Ayat tersebut berbicara mengenai kuasa Tuhan yang dinyatakan dengan sempurna dalam kelemahan-kelemahan kita; bagaimana kita dapat berkata bahwa Tuhan Yesus adalah Allah Penyembuh, jika kita tidak pernah sakit? Bagaimana kita dapat berkata bahwa Tuhan Yesus adalah Allah Yang Mencukupkan, jika kita tidak pernah mengalami apa yang disebut kekurangan?

Jadi jika kita memiliki kelemahan, jangan bersungut-sungut di hadapan Tuhan, karena justru dalam kelemahan kita kuasa Tuhan dinyatakan dengan sempurna.

4) Masalah adalah proses pendewasaan iman

II Tim 3:12,”Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya.”

Yak 1:3-4,”sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Mengapa Rasul Paulus berkata dalam II Tim 3:12 bahwa orang-orang yang mau hidup beribadah dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya? Karena Tuhan Yesus telah memberitahukan kita dalam Yoh 16:33b,”Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Allah pun bahkan menyempurnakan Yesus Kristus melalui masalah, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam Ibr 2:10b,”Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.”

Ini berarti jika Tuhan Yesus disempurnakan Allah melalui penderitaan, kita sebagai pengikutNya juga disempurnakan Allah melalui masalah-masalah yang kita hadapi.

Kita telah membahas mengenai apa yang Firman Tuhan katakan mengenai masalah dan pertanyaannya adalah bagaimana kita menangani masalah sesuai Firman Allah.

Langkah-langkah menangani masalah, yaitu:

1) Tenang serta jangan panik dan menyalahkan orang lain

Yes 30:15a,”Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”

Ayat tersebut berkata bahwa dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu; ini berarti saat kita tenang, kita akan menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

2) Buka hati dan minta pernyataan Tuhan

II Taw 20:3,”Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.”

Saat kita menghadapi masalah, carilah Tuhan dan minta pernyataan dari Tuhan, sepeerti apa yang Raja Yosafat lakukan dalam ayat di atas. Raja Yosafat saat itu juga takut dan seringkali kita pun merasa takut saat masalah datang, tapi Raja Yosafat memutuskan untuk mencari TUHAN; apakah kita mencari Tuhan atau manusia saat masalah datang? Firman Tuhan berkata dalam Yer 17:7,”Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!”

Jadi jika masalah datang, andalkan Tuhan dan Dia yang akan memberi kemenangan kepadamu atas masalah yang kita hadapi

3) Sabar dan tetap beriman untuk mujizat dan kemenangan

Yes 41:10,”janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Ef 3:13,”Sebab itu aku minta kepadamu, supaya kamu jangan tawar hati melihat kesesakanku karena kamu, karena kesesakanku itu adalah kemuliaanmu.”

Ada dua kalimat yang Tuhan mau kita lakukan dalam Yes 41:10 yaitu jangan bimbang dan jangan takut; mengapa kita tidak boleh bimbang dan jangan takut? Karena Yak 1:6c-7 berkata,”orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.”

Ini berarti kebimbangan dan ketakutan tidak akan menyelesaikan masalah yang kita hadapi; kunci untuk menyelesaikan masalah adalah sabar dan tetap beriman untuk mujizat dan kemenangan, sesuai janji Allah dalam Yes 41:10c dan jangan tawar hati, sesuai apa yang Rasul Paulus katakan dalam Ef 3:13 di atas

4) Fokus pada Tuhan di tengah masalah

II Taw 20:12c,”Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.”

Seringkali kita mengalami apa yang disebut kebuntuan seperti yang dialami Raja Yosafat dalam ayat tersebut di atas, tapi Raja Yosafat mengarahkan matanya hanya kepada Tuhan. Masalahnya seringkali kita tidak mengarahkan mata kita kepada Tuhan dan hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri dan itulah sebabnya kita seringkali gagal menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Yer 17:5-6 berkata,”Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.”

Ayat tersebut dengan jelas mengatakan bahwa orang-orang yang tidak mengandalkan Tuhan tidak akan mengalami kebaikan; dengan kata lain orang-orang tersebut akan selalu gagal dan gagal.

Marilah kita ubah pola pikir kita mengenai masalah dan miliki cara yang benar dalam menangani masalah sesuai kebenaran Firman Tuhan, dan kita akan terus-menerus mengalami kemenangan demi kemenangan dalam hidup kita.

BERSAMA YESUS KRISTUS KITA LEBIH DARI PEMENANG!

GBU and family always, my sisters and brothers!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: