E Commerce(Penjelasan)

Penggunaan e-commerce di Indonesia masih sangat terbatas. Berdasarkan survey
awal masih relatif sedikit perusahaan yang menggunakan e-commerce sebagai sarana
untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji tentang motif
serta manfaat yang dirasakan oleh perusahaan yang telah menerapkan penggunaan ecommerce
dalam kepentingan bisnis. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh
gambaran yang jelas tentang motif perusahaan dalam menggunakan e-commerce.
Temuan ini sangat penting terutama dalam upaya memberikan informasi yang lebih jelas
tentang dasar pertimbangan dalam menggunakan e-commerce dan memanfaatkannya
sebagai sarana keunggulan bersaing.
Dalam penelitian yang pernah di lakukan oleh si peneliti, si peneliti menggunakan beberapa perusahaan sebagai obyek
penelitian, yang merupakan perusahaan yang sudah menggunakan layanan e-commerce
yang targetnya langsung kepada konsumen dimana perusahaan yang peneliti teliti
tersebar di kota kota besar di Indonesia. Adapun sampel dari penelitian yang pernah di lakukan  adalah
sebanyak 27 perusahaan yang bergerak dibidang Jasa dan Dagang dengan kisaran tingkat
omzet perusahaan perbulan adalah sebesar 10 juta sampai dengan 100 juta.
Berdasarkan analisis dan pembahasan ,
maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : Berdasarkan analisis deskriptif faktor
motif dapat disimpulkan bahwa faktor yang melandasi perusahaan terdorong
menggunakan e-commerce terdiri dari enam faktor yaitu yang menjadi harapan tertinggi
bagi para perusahaan ketika ingin menerapkan e-commerce : Mengakses Pasar global
sebesar 56%, Mempromosikan produk sebesar 63%, Membangun Merk sebesar 56%,
Mendekatkan dengan pelanggan sebesar 74%, Membantu komunikasi lebih cepat dengan
pelanggan sebesar 63% dan Memuaskan pelanggan sebesar 56%. Dan berdasarkan
analisis yang kedua yaitu analisis deskritpif faktor manfaat yang diperoleh perusahaan
dengan adanya penerapan e-commerce terdiri dari dua faktor yaitu yang menjadi manfaat
terbesar perusahaan setelah menerapkan e-commerce yaitu Kepuasan konsumen sebesar
74% dan Keunggulan bersaing sebesar 81%.

*Sumber:http://almilia.com/2007/03/08/penerapan-e-commerce-sebagai-upaya-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan/

4 Responses so far »

  1. 1

    Deasy said,

    Artikel yang cukup bagus… tapi sebaiknya kalo anda mengambil dari satu sumber… tolong dibaca dulu sehingga kata2 “penelitian ini” tidak muncul diartikel anda… apakah anda benar2 meneliti sendiri???? atau…..

  2. 2

    andruz90 said,

    maaf bu untuk artikel ini ada yang sebagian saya ambil dari internet dan adapun yang saya baca dari sumber – sumber buku yang lain nya . jadi untuk meneliti pun sendiri saya belum terlalu paham . mohon bimbingan nya ya bu .

  3. 3

    wsilfi said,

    Andreas, kalau anda mengambil artikel dari sumber lain, tolong dicantumkan sumbernya. Terima kasih

  4. 4

    andruz90 said,

    Maaf bu kemarin saya belum sempat , tetapi sekarang sudah saya beri sumber nya kok . mohon maaf ya bu kalau saya ada salah .


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: