Orang Pintar

Keluaran 35:30-35

[30] Berkatalah Musa kepada orang Israel: “Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,

[31] dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

[32] yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;

[33] untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.

[34] Dan TUHAN menanam dalam hatinya, dan dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan, kepandaian untuk mengajar.

[35] Ia telah memenuhi mereka dengan keahlian, untuk membuat segala macam pekerjaan seorang tukang, pekerjaan seorang ahli, pekerjaan seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus, dan pekerjaan seorang tukang tenun, yakni sebagai pelaksana segala macam pekerjaan dan perancang segala sesuatu.

Keluaran 36:1-7

[1] Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN.”

[2] Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli, yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian, setiap orang yang tergerak hatinya untuk datang melakukan pekerjaan itu.

[3] Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi.

[4] Dan segala orang ahli yang melakukan seluruh pekerjaan untuk tempat kudus itu, datanglah masing-masing dari pekerjaan yang dilakukannya,

[5] dan berkata kepada Musa: “Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan.”

[6] Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: “Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus.” Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi.

[7] Sebab bahan yang diperlukan mereka telah cukup untuk melakukan segala pekerjaan itu, bahkan berlebih.

—————————————————————————————

Kalo membaca kitab keluaran di atas, kita akan melihat kisah Bezaleel dan Aholiab yang punya talenta bagus dan sangat pintar. Tuhan memberikan mereka kepintaran sehingga kepintaran mereka itu digunakan untuk memuliakan nama Tuhan. Pintar dan punya keahlian serta kepintaran, dibarengi dengan kerendahan hati. Nah karena itu mereka mendapat kepercayaan untuk membangun kemah suci Allah.

Sahabatku, semua anak-anak Tuhan diberi kepintaran. Tuhan gak pernah ciptakan anak bodoh. Semua punya kelebihan masing-masing. Ada yang pintar dalam bidang ilmu pengetahuan, ada yang pintar dalam bidang teknologi, ada yang pintar dalam bidang seni, ada yang pintar di bagian bisnis dan sebagainya. Tapi semua kepintaran itu, tanpa pengertian yang dalam, maka akan sia-sia. Karena kita hanya peduli akan betapa hebatnya kita dan betapa layaknya kita untuk disanjung. Bagi kita, kita adalah segalanya dan karena diri kita sendirilah yang mengusahakan dan memperoleh kepintaran itu. Kita sama sekali gak memuliakan nama Tuhan melalui kepintaran yang kita miliki. Oleh karena itu, tanpa kerendahan hati akan apa yang udah kita peroleh, maka Tuhan kudu mikir-mikir dulu apakah ia akan memakai kita dengan luar biasa dengan semua kelebihan yang kita miliki.

Sahabatku, dapatilah hak istimewa seperti yang didapatkan oleh Bezaeel dan Aholiab. Sebuah kehormatan besar yang diberikan Tuhan. Rendahkanlah hati dihadapanNya dan utamakanlah untuk mempermuliakan nama-Nya dan bersyukur buat semua apa yang udah kita miliki, maka Tuhan ga pake mikir lagi untuk memberikan kepada kita pekerjaan istimewa itu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: