BEKERJA SAMBIL BERDOA (ORA ET LABORA)

2Tesalonika 3:1 Selanjutnya, saudara-saudara, berdoalah untuk kai, supaya firman Tuhan beroleh kemajuan dan dimuliakan, sama seperti yang telah terjadi diantara kamu.

2 Tesalonika 3:7,11 Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami karena kami tidak lalai bekerja diantara kamu. kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.

Ora et Labora, bekerja dan berdoa. Setiap kita sudah sering mendengar slogan seperti ini. Memang benar, hidup kita tidak bisa dijalankan hanya dengan bekerja saja, atau berdoa saja. Segala pekerjaan harus dikerjakan dengan kesungguhan hati dan di sertai dengan doa. Sebab keberhasilan bukan hanya ditentukan dengan bekerja saja atau berdoa saja. Keduanya harus berjalan seimbang.

Akhir-akhir ini banyak juga orang yang hidupnya kurang tertib. Mereka berfikir cukup hanya dengan berdoa saja, toh kita ini anak Tuhan dan Tuhan akan menyediakan. Sehingga dalam bekerja menjadi kurang tekun.
Jangan menyalah artikan berkat dan pemeliharaan Tuhan. Sebab berkat turun karena kita bekerja dan berdoa. Bukan Tuhan tidak mampu menurunkan hujan uang dari langit, atau bukan Tuhan tidak mempu membuat seseorang yang tidak belajar menjadi seorang yang pandai. IA MAMPU. Tetapi IA ingin hidup kita ini tertib. Dan Ia ingin mengajarkan bahwa berkat itu bukanlah seperti seorang pemain sulap atau pemain sihir. Berkat akan sampai pada kita jika ada usaha dari kita untuk meresponi.

Jika kita ingin pandai, kita harus berusaha belajar dan berdoa, maka jerih payah itu akan diperhitungkan oleh Tuhan. Jika ingin mendapat berkat kita harus berusaha untuk bekerja giat dan sambil berdoa. Tuhan sudah menyediakan segalanya sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga kita dapat menikmati berkatNYA dengan cukup. Jika ingin sukses, harus tekun berusaha, sambil tetap berdoa, dll

Jika melayani Tuhan kita cuma mengandalkan kekuatan kita saja tanpa disertai doa, maka apa yang kita kerjakan akan sia-sia. Sebab segala pelayanan kita tidak dapat dirasakan oleh domba-domba Allah, jika kita melayani harus sambil hidup terus dalam doa. Dan pelayanan kita tidak akan sia-sia. Sebab melayani Tuhan bukan berarti hanya di gereja atau dalam grup-grup keagaam saja. Melayani dalam lingkungan keluarga, dalam lingkungan tempat tinggal, dll. Jadi apapun yang kita kerjakan dengan sepenuh hati dan tulus kita kerjakan buat Tuhan,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: