SAHABAT TUHAN

Yak 2:23 berkata,”Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: SAHABAT ALLAH.”

Firman Tuhan dgn jelas menyatrakan bahwa Abraham disebut SAHABAT ALLAH dan ini sangat2 dan sangat luar biasa. Seorang sahabat pasti akan diperlakukan lebih istimewa dari orang lain; demikian juga jika kita menjadi sahabat Tuhan, kita pun akan mendapat perlakuan istimewa dari Tuhan dan Tuhan akan memberitahukan rencana-rencana Tuhan kepada kita, sama seperti Tuhan memberitahukan rencana-Nya kepada Abraham sahabatnya ketika akan menghancurkan kota Sodom dan Gomora. (Kej 18:17)

Ada 3 hal yang akan diperoleh orang yang dekat dengan Tuhan (sahabat2 Tuhan), yaitu:

1. Ketenangan

Maz 62:1-3,”Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.”

Pengkotbah. 4:6,”Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin.”

Ketenangan adalah perasaan tenteram/damai sejahtera atas jiwa (tidak tergantung pada keadaan). Suatu daerah yang dilanda konflik tidak berarti bahwa orang-orang yang ada didaerah itu semuanya tidak tenang, demikian juga orang yang hidup didaerah damai tidak menjamin bahwa seluruh orang yang tinggal di daerah itu pasti merasa damai. Namun satu hal yang pasti: ketika kita hidup dalam kebenaran, maka disitulah kita bisa merasakan ketenangan, seperti dikatakan dlm Yesaya 2:17,”Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.”

Dalam Yohannes 17:17 juga dikatakan bahwa firman Tuhan adalah kebenaran; dgn kata lain, jika kita hidup dalam Firman Tuhan dan Firman Tuhan hidup dalam kita (Yoh 15:7), kita akan merasakan ketenangan.

2. Mendapatkan keselamatan/Perlindungan

Maz .73:28 berkata,”Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya.”

Tuhan akan memberikan perlindungan dan keselamatan kepada orang2 benar (sahabat2Nya), yang menjadi pertanyaannya adalah: perlindungan atas apa?

Ada 3 hal yg Tuhan janjikan sebagai perlindungan bagi orang2 benar (sahabat2Nya), yaitu:

– Perlindungan hidup dari niat jahat orang yang memusuhi kita

Bilangan 23:23 berkata,”sebab tidak ada mantera yang mempan terhadap Yakub, ataupun tenungan yang mempan terhadap Israel.”

“Pada waktunya akan dikatakan kepada Yakub, begitu juga kepada Israel, keajaiban yang diperbuat Allah: Karena Tuhan yang akan berperang dan kita akan diam saja.” (Kel 14:13-14)

– Perindungan atas penindasan

Maz 9:10,”Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.”
Maz.14:6,”Kamu dapat mengolok-olok maksud orang yang tertindas, tetapi TUHAN adalah tempat perlindungannya.”

– Perlindungan atas malapetaka
Maz 91:9-10 berkata,”Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu.”

3. Keteguhan (tidak goyah) karena senantiasa memperoleh kekuatan baru

Keteguhan yg dimaksud di sini terdiri dari:

– Tidak gampang lelah dalam pelayanan

Yes 40:31 berkata,”tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Seringkali dalam perjalanan hidup Kekristenan kita, ada masa dimana kita sangat2 dan sangat lelah secara rohani. Namun ayat di atas dgn jelas menyatakan bhw Tuhan akan memberikan keuatan yg baru kepada orang2 yg menanti2kan Dia; dgn kata lain, sahabat2 Tuhan adalah orang2 yg selalu menanti2kan Dia dan Tuhan berjanji akan memberikan kekuatan yg baru setiap saat kepada sahabat2Nya.

– Tidak mudah disesatkan

Efesus 4:14-15 berkata,”sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.”

I Kor 15:58,”Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

Kita sudah membahas tentang hal2 yg akan diperoleh orang2 benar (sahabat2 Tuhan), pertanyaan berikutnya adalah: bagaimana supaya dekat dengan Tuhan?

Ada lima hal yg harus dilakukan agar kita dekat dengan Tuhan dan disebut sahabat Tuhan, yaitu:

1. Taat dan berbuat sesuai perintah Tuhan

Yoh 15:14-15 berkata,”Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.”

Ayat tsb dgn jelas menyatakan bhw salah satu ciri2 sahabat Tuhan adalah mereka yg melakukan apa yg Tuhan perintahkan

2. Hancur Hati dan menyadari bahwa Tuhanlah segalanya didalam hidupnya

Yer 44:10 berkata,”Mereka tidak remuk hati sampai kepada hari ini, mereka tidak takut dan tidak mengikuti Taurat-Ku dan ketetapan-Ku yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu.”

Maz 34:19 berkata,”TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Saat kita menyadari bahwa Tuhanlah segalanya di dalam seluruh kehidupan kita, kita siap menjadi sahabat2 Tuhan.

3. Rajin saat teduh

Maz 119:147-148 berkata,”Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. .Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu.”

Seorang sahabat pasti ingin bercakap2 dgn sahabatnya; kalau kita menjadi sahabat2 Tuhan, kita pasti memliki keriduan setiap saat utk bercakap2 dgn Tuhan sbg sahabat kita.

4. Jangan menjauhkan diri dari ibadah

Ibrani 10:25 berkata,”Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Ciri2 sahbat Tuhan lainnya adalah mereka ingin selalu bersekutu dgn sahabat2 Tuhan lainnya.

5. Hidup kudus/hidup dalam manusia baru

Ibrani 12:14 berkata,”Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.”

Sebagaimana Tuhan kita adalah kudus, demikian pula kita sbg sahabat2Nya harus hidup kudus dan sempurna di hadapanNya (Mat 5:48)

Melalui renungan ini, biarlah kita sbg anak2Nya juga menjadi sahabat2 Tuhan setiap waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: