Fokus Kita

Firman Tuhan ** Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah
Keselamatan dari Tuhan, yang akan diberikan-Nya
hari ini kepadamu,……………

Kegagalan adalah hal yang biasa, namun jika kita hanya berfokus pada kegagalan, itu justru membuat kita tidak akan maju. Kita harus melihat sebuah kenyataan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan tidak selalu berjalan sempurna. Presentase kesempurnaan 100% sepertinya adalah hal yang mustahil. Ada saja kesalahan-kesalahan kecil yang kadangkala kita takutkan. Melakukan kesalahan itu sendiri sebenarnya hal yang biasa, asal jangan jatuh bangun di lobang yang sama tentunya. Namun adalah sikap yang salah bila kesalahan itu selalu diungkit dan justru menjadi fokus kita. Berfokus pada kesalahan merupakan suatu kebiasaan negatif yang secara tidak sadar dimiliki oleh beberapa orang. Padahal telah ada jalan keluar atau kesempatan yang lain, tapi karena fokus dengan kesalahan, maka ia tidak melihat pintu yang terbuka tersebut.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Alexander Graham Bell, seorang penemu dan Mantan President National Geographic Society yang menyatakan,”Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka.” Jangan pernah berfokus dan larut dalam penyesali pintu yang telah tertutup tersebut. Melangkahlah dan Anda akan terheran-heran melihat banyaknya pintu lain yang terbuka bagi kita.

Barangkali buku unik”Who Move My Cheese” tulisan Spencer Johnson bisa mempertegas kebenaran ini. Bahwa orang yang berani bangkit dari kegagalan dan berani menyusuri labirin demi labirin dalam hidupnya, pada akhirnya akan menemukan pintu terbuka. Sebaliknya jika kita hanya fokus dengan situasi yang buruk, marah dan menyesali keadaan yang tidak bersahabat tersebut, kita juga tidak akan pernah menemukan pintu yang terbuka bagi kita. Ingatlah bahwa masih ada”cheese-cheese” atau kesuksesan yang lebih besar menunggu kita. Ingat, apa yang bakal terjadi dalam hidup kita ditentukan oleh fokus kita. Jika kita fokus dengan keberhasilan, kitapun akan berhasil. Jika kita fokus dengan kegagalan dan kesalahan dimasa lalu, maka kitapun akan gagal.

JANGAN BERFOKUS PADA KEGAGALAN, MASIH BANYAK KESEMPATAN UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: