Ada Sinyal Pembatasan BBM Kemungkinan Ditunda

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah memberi sinyal penundaan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi apabila harga minyak dunia melambung tinggi dan persiapan yang dilakukan belum memadai. “Kalau asumsi-asumsi berubah, misalnya hasil kajian tambahan yang dilakukan ITB, UGM dan UI serta adanya harga minyak yang tinggi dan kesiapan belum cukup, maka bisa saja dilakukan penundaan,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa, dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu (23/2).

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengemukakan, pemerintah sedang menunggu hasil kajian mendalam mengenai pembatasan BBM bersubsidi dan kalau penundaan diperlukan, maka pemerintah akan menunda rencana tersebut. “Kalau dalam kajian dari pemerintah terlihat bahwa pembatasan BBM itu kurang efektif atau kurang bermanfaat dibandingkan dengan adanya penyesuaian yang mesti dituruti oleh masyarakat. Kalau seandainya perlu ada penundaan, mungkin harus ditunda,” ujarnya.

Mantan Dirut Bank mandiri ini menjelaskan, apabila pembatasan tersebut gagal dilaksanakan, maka pemerintah akan mencari opsi lain agar memunculkan efisiensi sehingga tidak membebani APBN 2011. Pemerintah, menurutnya, juga tidak akan memilih opsi untuk menaikkan harga premium dalam menekan anggaran subsidi.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan menerapkan pembatasan BBM bersubsidi per 1 April 2011 yang bergantung dari kesiapan Komisi VII, Pertamina, Badan Pengawas Harian Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), serta kajian yang saat ini sedang dilakukan oleh akademisi.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20110224/tbs-ada-sinyal-pembatasan-bbm-kemungkina-b093a4a.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: